Minggu, 25 Agustus 2013

Wisata sejarah... mengunjungi "Rumah Ibu Fatmawati Soekarno" di Bengkulu


Matahatiku.com - Rumah Keluarga Fatmawati tentunya, sosok ibu Negara pertama ini sudah tak asing lagi bagi rakyat Indonesia. Sang saka merah putih pun di lahirkan dari tangan beliau. Ibu Fatmawati merupakan seorang wanita yang lahir dan tumbuh di Bengkulu, maka dari itu,
rumah tempat beliau tinggal menjadi salah satu warisan sejarah dari masa sebelum kemerdekaan Indonesia dan menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki nilai historis serta edukas
Wisata sejarah... mengunjungi
Wisata sejarah... mengunjungi
Rumah Fatmawati, berlokasi di ujung Jalan Fatmawati, kelurahan Penurunan, Bengkulu. Hanya berjarak 60 meter dari rumah pengasingan Soekarno semasa di Bengkulu. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota Bengkulu yakni Simpang Lima Ratu Samban.
Wisata sejarah... mengunjungi
Wisata sejarah... mengunjungi
Rumah Keluarga Fatmawati, dari luar sangat terlihat kesan rumah khas Sumatera yang berupa rumah panggung. Rumah yang berbahan kayu dan bercat coklat ini, tampak sangat indah dan asri karena cukup terawat. Rumah Keluarga Fatmawati ini dikelola oleh Yayasan Ibu Fatmawati. Walaupun rumah yang ada saat ini memang merupakan replika, Rumah Keluarga Fatmawati ini, benar-benar dikondisikan seperti aslinya, terutama bagian dalam rumah. Untuk rumah aslinya, berada di Jalan S Parman, sayangnya saat ini, rumah yang asli tersebut sudah tidak ada lagi. Maka dari itu, dibangunlah replika rumah yang menyimpan aset sejarah ini.
Wisata sejarah... mengunjungi
Suasana di sekitar rumah dengan nomor 10 ini, cukup tenang dan asri, karena tidak begitu ramai. Sayangnya, hal ini membuat salah satu aset wisata sejarah di kota Bengkulu ini, kurang dikenal oleh masyarakat maupun wisatawan.
Di dalam rumah ini, kita bisa menemukan koleksi-koleksi pribadi milik Ibu Fatmawati. Bahkan perabot rumah yang dimiliki rumah ini pun masih ada seperti lemari, ranjang besi, meja rias, kursi dan lain sebagainya. Pakaian yang dipakai ibu Fatmawati pada masa itupun masih terpajang dengan baik di rumah ini. Di bagian dinding juga terpajang foto-foto kenangan masa lalu ibu Fatmawati sejak masa kecil hingga dewasa.
Wisata sejarah... mengunjungi
Kita juga bisa melihat foto-foto kenangan antara bapak presiden pertama Ir. Soekarno dengan Ibu Fatmawati dengan jelas karena di kota inilah pertemuan dan cinta antara Ibu Fatmawati dan Bapak Soekarno muncul, hingga akhirnya mereka menikah pada tanggal 1 Juni 1943 dan menghasilkan lima orang anak yakni Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh.
Wisata sejarah... mengunjungi
Hal yang cukup menarik dan bernilai sejarah adalah, mesin jahit yang terletak di sebuah ruangan di rumah ini. Mesin jahit tersebut pernah digunakan untuk menjahit sebuah bendera Kebangsaan Indonesia, yaitu bendera Merah Putih ketika pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang berlangsung pada tahun 1945 silam.
Sumber : jalan2.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar